30 Januari 2020 10:09:58
Ditulis oleh admin

Panen Raya Padi Oleh Kepal Dinas Pertanian Kabupaten Tuban

http://www.sumber-merakurak.desa.id/ Panen raya padi di desa sumber oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban dengan Menggunakan Mesin Panen Padi (Combine)

Panen padi di musim penghujan tahun ini sangat cepat karna menggunakan mesin panen padi yang biasanya dipanen manual dengan tenaga manusi. biasanya jika dipanen manual dengan tenaga manusia bisa sampai satu bulan baru selesai sekarang dengan menggunakan teknologi mesin panen yang biasanya satu bulan kini hanya butuh waktu kurang lebih hanya sepuluh hari untuk memanen padi di semua area pertanian Desa Sumber.

Ali mashar warga Desa sumber yang sawahnya dijadikan lahan uji coba panen menggunakan mesin combine mengatakan, bahwa semenjak panen menggunakan mesin panen padi penghasilanya bertambah dikarenakan harga jual gabah yang dipanen menggunakan mesin di hargai lebih mahal oleh tengkulak dan pengeluaran yang dikeluarkan untuk biaya panen lebih sedikit dibandingkan tenaga manusia. 

Triyono ( Ketua Kelompok tani Sumber Agung) mengatakan sejak tahun 2019 kemarin proses panen padi di desa sumber sudah banyak yang menggunakan mesin combeine yang kebanyakan di bawa oleh tengkulak dari luar daerah. dan beliau juga mengatakan akan membuat proposal pada dinas pertanian Kabupaten Tuban untuk pengajuan bantuan mesin Panen padi (combine) untuk kelompok tani desa sumber, untuk memenuhi kebutuhan petani, dan Alhamdulilah mendapat respon positif dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban ( Murtadji) untuk segera membuat propsosal permohonan. (AF)



image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus